Pendidikan Batik - Handmade Kipas Batik


Salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah se-jogjakarta, termasuk SD Muhammadiyah Blawong I, adalah Pendidikan Batik. Mapel ini masuk dalam kelompok muatan lokal wajib. Pada kelas ini, selain praktek membatik, siswa juga didorong untuk berkreasi menggambar motif batik sendiri. Media gambarnya pun bisa di atas kain maupun kertas. 

Pada tahun ini, siswa lebih difokuskan untuk menggambar motif batik diatas kertas dorslah. Kertas ini tipis namun tidak mudah sobek. Kertas tersebut diberi pola setengah lingkaran seperti pola kipas. Kertas yang sudah dibatik dan diwarnai, kemudian akan ditempel pada rangka kipas seperti berikut:

Proses pembuatan kipas
Dalam membuat motif batik, siswa diberi kebebasan untuk menentukan tema motif batik sendiri. Guru hanya mendampingi dan memberi masukan seperlunya. Hasilnya, hampir tidak ada motif batik yang sama. Maka kipas ini pun bisa dibilang limited edition, karena hanya ada 1 motif saja di dunia 
Hasil karya siswa

Setelah terkumpul banyak, kipas hasil karya siswa ini akan menjadi souvenir dalam acara tutup tahun dan pelepasan siswa kelas VI SD Muhammadiyah Blawong I pada tanggal 16 Juni mendatang. Penerima souvenir ini tentu saja wali siswa dari kelas I sampai VI beserta tamu undangan. 
Kipas sudah siap digunakan untuk souvenir
 Sekolah kami memang selalu membuat souvenir hasil karya siswa sendiri. Tahun lalu, siswa-siswa kelas VI mengisi masa tenang pasca ujian dengan membuat gantungan kunci dari kain perca. Sedangkan tahun ini, souvenir dibuat selama kelas Batik oleh siswa kelas V dan VI. Tahun depan, souvenir apalagi ya yang akan siswa buat? 

NewerStories OlderStories Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik, saran dan komentar yang membangun sangat ditunggu lho..