Fun and Motivational Camp 2013

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib SD Muhammadiyah Blawong I adalah Hizbul Wathan. Antusiasme siswa untuk mengikuti HW sangat besar sehingga sekolah merasa perlu mengadakan kegiatan perkemahan untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan HW.

Diikuti oleh 80 peserta HW SD Muhammadiyah Blawong I yang terdiri dari siswa-siswi kelas 4 dan 5, pada tanggal 18-20 Mei 2013 telah dilaksanakan perkemahan dengan tema "Fun and Motivational Camp 2013".  Acara ini diadakan di Bumi Perkemahan Poetoe Bajuri Mandiri.
Sebagian peserta camping
Pendirian Tenda

Perkemahan ini sengaja dilaksanakan sebelum Ujian Kenaikan Kelas agar siswa-siswi terlepas dari rasa penat dan jenuh sebelum mengikuti ujian. Meskipun saat pemberangkatan peserta camping hujan turun sangat deras, namun alhamdulillah tidak mengganggu kegiatan inti.
Adapun garis besar kegiatan dalam perkemahan ini adalah sebagai berikut:
1.  Upacara HW
        Upacara HW sedikit berbeda dengan upacara bendera yang diadakan setiap senin. Namun, petugas upacara dengan cepat mempelajari tata cara upacara HW. Upacara ini dilakukan 2x, yaitu upacara pembukaan dan upacara penutupan camping. Pada upacara penutupan camping, siswa-siswi kelas 1-3 turut menjadi peserta upacara.
Upacara HW

2.  Jelajah Malam
     Pada tanggal 18 Mei 2013 pukul 20.00 WIB, siswa-siswi yang tergabung dalam 8 kuntum berkumpul di lapangan upacara. Setiap kuntum diberangkatkan dengan jeda waktu 5 menit untuk menelusuri rute yang telah ditentukan dan menemukan 4 pos. Setiap kuntum wajib menyelesaikan soal tertulis yang di berikan pada setiap pos, tentang materi HW. Selama perjalanan menuju antar pos, semua anggota kuntum juga wajib melafalkan surat-surat pendek yang telah ditentukan oleh petugas di masing-masing pos.


Jelajah Malam

3.  Outbond
        Pagi hari setelah mengikuti senam dan sarapan, peserta camping mengikuti kegiatan outbond. Pada kegiatan ini, semua kuntum berlomba mendapatkan poin tertinggi dengan cara mengikuti game di 8 pos. Panitia outbond ini adalah guru dan karyawan SD Muhammadiyah Blawong I, dibantu oleh beberapa pengurus NA.
Outbond

4.  Lomba Kebersihan Tenda, Memasak dan Kreasi Barkas
      Siang hari seusai outbond, setiap kuntum wajib mengirimkan perwakilan kuntum untuk mengikuti lomba memasak dan kreasi barkas. Sisanya membersihkan tenda dan sekitarnya.


5.  Pentas Seni, Menonton Video dan Pembagian Hadiah
         Pada malam harinya, setiap kuntum menampilkan hiburan yang bisa berupa nyanyian, klotekan dan drama musikal. Di kesempatan itu juga, panitia mengumumkan pemenang lomba dan kejuaraan selama kegiatan perkemahan. Setelah itu, siswa-siswi menonton video kegiatan perkemahan yang telah mereka lalui selama dua hari sebelumnya.

6.  Api Unggun
        Tanggal 20 Mei 2013, seusai sholat subuh, peserta camping menyalakan api unggun. Beberapa siswa putra bermain obor sembur. Namun, permainan ini hanya dilakukan oleh siswa yang terlatih dan di awasi oleh guru-guru.

7.  Sholat Tahajud
          Selain sholat  5 waktu berjamaah, peserta camping juga mengikuti sholat tahajud berjamaah. Tidak hanya 2 rokaat, sholat ini dilakukan 11 rokaat. Alhamdulillah, semua peserta tertib mengikuti sholat sampai akhir walaupun dengan menahan kantuk.


Kegiatan camping ini berakhir pada tanggal 20 Mei 2013 pada pukul 10.00 WIB seusai peswrta camping mengikuti upacara penutupan. Diantara kelelahan yang mereka rasakan, jauh di dalam hati mereka tersimpan  senyum kepuasan karena telah berhasil mengikuti kegiatan perkemahan sampai akhir. Banyak orang tua wali yang terheran-heran saat menyadari putra-putri mereka menjadi mandiri saat berada di alam terbuka tanpa orang tua masing-masing. Camping ini telah mengajari mereka bagaimana harus bertindak saat hanya ada teman-teman sebaya di sekitar mereka.

Berdasarkan hasil evaluasi dewan guru, camping ini insyaAllah akan diagendakan rutin setiap 2 tahun sekali, bergantian dengan kegiatan outbound yang juga dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Semoga kegiatan camping di tahun mendatang akan lebih kreatif dan sukses dari tahun ini.

Tunggu kegiatan kami selanjutnya ya..
NewerStories OlderStories Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik, saran dan komentar yang membangun sangat ditunggu lho..